INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

17.38 / Diposting oleh Rangga Pratama /

PENGERTIAN INDIVIDU

Individu berasal dari kata latin.”individuum” artinya”yang tak terbagi”.Dalam ilmu sosial,individu menekankan penyelidikan kepada kenyataan-kenyataan hidup yang istimewa,yang tak seberapa mempengaruhi kehidupan manusia.Individu bukan berati manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi,melainkan sebagai kesatuan yang terbatas,yaitu sebagai manusia perseorangan. Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya,melainkan juga mempunyai kepribadian serrta pola tingkah laku spesifik dirinya.


PENGERTIAN KELUARGA

Keluarga adalah orang-orang yang memiliki ikatan dengan kita , ada yang disebut keluarga karena hubungan darah/ keturunan dan ada yang disebut keluarga karena ikatan emosi ( seperti sohib yang sudah deket banget, atau temen2 sekolah yang hampir separuh lebih hari-hari kita habiskan bersama mereka ) :)


PENGERTIAN MASYARAKAT

Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem kehidupan, dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

Penyebab rusaknya akhlak generasi muda

Begitu mudahnya budaya asing masuk tanpa adanya upaya pencegahan yang serius oleh pemerintah mengakibatkan banyaknya budaya asing negatif yang masuk kenegara ini dan jelas-jelas budaya ini tidak cocok bahkan cederung merugikan karena telah merusak moral generasi muda. Bagaimana tidak, sebagai contoh kebudayaan barat yang mengumbar aurat begitu mudahnya masuk kenegara ini bahkan kemudian trend tersebut dikuti oleh para entertainerindonesia . Budaya ini jelas sangatlah berbahaya karena bangsa ini yang mayoritas adalah muslim sudah sejak dulu budaya menebar aurat seperti itu, sehingga ketika hal tersebut dibiarkan akan mengganggu pikiran bahkan mungkin merusak otak yang kemudian lebih parah lagi yaitu hati menjadi kotor, rusaklah akhlak generasi muda yang cerdas.

Rusaknya akhlak generasi muda pada saat ini rata-rata disebabkan karena pemahaman agama yang kurang, didikan dari orang tua sendiri , juga pergaulan yang bebas. Melihat dari hal itu , sebaiknya kita harus sadar bahwa zaman sekarang ini sudah manjadi zaman yang jahiliyah. Selain itu , sekarang banyak anak muda mempergunakan waktunya untuk hal-hal yang tidak baik seperti, bermain game oin itu, anak muda zaman seknline pada saat pulang sekolah, pacaran , dll. oleh karena itu, kita harus saling membantu untuk, memberantas budaya-budaya asing yang negatif untuk masuk ke negara tercinta ini , karena negara kita memiliki budaya yang sangat banyak untuk kita pelajari daripada meniru budaya-budaya asing.

Sumber : Comunnity Gunadarma, Wikipedia indonesia, & Blogger.com

Tugas ISD
Rangga Pratama
1IA21

Label:

0 komentar:

Posting Komentar